Header Ads

Menjadi Google AdSenser

Sebenarnya tujuan utama blog ini bukanlah untuk mencari duit atau sebagai provider iklan dari Google AdSense, akan tetapi lebih dari itu sebagai media untuk komunikasi, menuangkan tulisan dan opini, media dakwah, dan sharing ilmu. Tapi kalo bisa digunakan sekaligus sebagai penghasil duit juga yah tidak apa-apa juga lah. Anggap saja sebagai nilai plus. Ibarat menunaikan puasa sholat, niat utama kita harusnya kan bukan untuk memperoleh kesehatan, akan tetapi lebih dari itu untuk mencapai ridho dari Allah swt. Tapi kalau dengan sholat kita juga akan semakin sehat, yah tidak apa-apa juga anggap saja sebagai nilai plus.

Blog ini saya buat sejak tahun 2007 silam, tepat ketika pertama kali menginjakkan kaki sebagai mahasiswa di Universitas Hasanuddin (Unhas). Yah alhamdulillah nama domainnya belum direbut orang, maklum lah nama ANDI HAERUL cukup banyak gemari (bahasa lain dari pasaran hehehe). Karena biasanya didului orang kayak facebook.com/*ndihaerul aku sudah keduluan, begitujuga dengan *ndihaerul(at)gmail.com dan *ndihaerul(at)yahoo.com. tapi untuk blog ini andihaerul.blogspot.com saya yang berhasil merebutnya, begitu juga dengan twitter dan instagram @andihaerul saya juga yang berhasil menggunakannya (siapa cepat dia yang dapat hehehe..) kayak hukum rimba aja.

Dulu blog ini isinya hanya tutorial penggunaan software antivirus, yang kebanyakan isinya copy-paste, yah begitulah kebiasaan mahasiswa. Namun setelah itu isinya saya hapus semua dan blog ini saya telantarkan selama beberapa tahun, bahkan sempat saya lupa kalau saya sudah pernah membuatnya. Pada tahun 2011 saya mau mencoba menulis kembali di blog, saya sempat membuat blog baru. Mau bikin andihaerul.blogspot.com tapi ngga bisa (iya-iyalah, kan saya sendiri yang bikin dulu…), saya pun sedikit kesal kok didului lagi sih. Saya coba googling siapasih yang dului saya, eh ternyata saya sendiri. Saya pun coba login ke blog saya ini tapi lupa paswordnya, lalu saya reset password via email. Dan blog inipun berhasil saya rebut kembali.

Blog ini pertama kali saya daftar di program Google AdSense pada tahun 2009an akan tetapi langsung ditolak mentah-mentah oleh mbah google. Waktu itu memang mbah google belum menerima blog yang berbahas indonesia.

Kemudian bulan juli 2013 saya coba kembali, namun lagi-lagi belum disetujui. Kata mbah Google “Pelanggan yang Terhormat, Terima kasih atas perhatian Anda pada Google AdSense. Sayangnya, setelah meninjau permohonan Anda, saat ini kami tidak dapat menerima Anda untuk masuk ke program AdSense. Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini. Masalah: Konten tidak memadai”. Ya saya memang sadari karena postingannya memang baru beberapa biji.

Kemusian Februari 2014 saya coba ajukan kembali, jawabannya pun masih sama “Pelanggan yang Terhormat, Terima kasih atas perhatian Anda pada Google AdSense. Sayangnya, setelah meninjau permohonan Anda, saat ini kami tidak dapat menerima Anda untuk masuk ke program AdSense. Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini. Masalah: Konten tidak memadai

image

Karena penasaran dan merasa tertantang, akhirnya saya googling gimana sih caranya agar blog bisa disetujui sebagai provider adsense?. Dari beberapa hasil penelusuran, saya peroleh bahwa konten minimal 60 postingan. Memiliki page view yang stabil, navigasi blog yang jelas, dan harus memiliki page tentang About, Copyright, dan Disclaimer.

Malam itu juga saya langsung buat judul postingan hingga 60, tapi kebanyakan belum ada isinya alias baru draft (hehehe.., panas-panar e’ e’ ayam), dan yang terpublish belum 20an. Kemudian navigasinya saya perbaiki, saya tambahkan About, Disclaimer, Copyright.

Namun saya mengalami masalah di page view yang kecil, tapi saya siasati dengan sering share postingan terbaru di sosmed, terutama Google Plus, Facebook, dan Twitter. Postingan blog ini yang paling menggenjot traffick page view adalah Jika Kaum Muslim Tidak Menguasai Parlemen Akan Membahayakan Eksistensi Islam? ini ditulis pada saat menjelang pemilihan caleg, dan saya share diberbagai group FB dan Twitter bahkan saya Broadcast Message via BBM. Sebenarnya niatnya bukan untuk menaikkan traffic page view akan tetapi untuk memberikan bantahan terhadap parpol tertentu yang seolah-olah memaksa kita untuk memilih. Saya kaget tulisan ini langsung bertengger di popular post nomer wahid, mengalahkan beberapa postingan sebelumnya. Postingan ini juga menjadi kontroversi di group facebook dosen Indonesia, tapi menghasilkan page view dari beberapa negara dari belahan dunia melalui group ini. Yah memang dosen indonesia kan banyak yang sedang studi di luar negeri. Postingan saya di group dosen indonesia tersebut merai sekitar seratusan komentar dan puluhan jempol.

Postingan selanjutnya adalah Daftar Pustaka Jadi Enteng dengan EndNote, saya posting di group FB Pasca Sarjana IPB, dari awal telah kuduga akan memiliki banyak pengunjung, karena IPB baru saja memperbaharui format penulisan karya ilmiahnya terutama dalam penulisan daftar pustaka. Yang banyak membuat galau sebagian mahasiswa pascasarjana.

Awal bulan April 2014 saya coba ajukan kembali permohonan Google adSense dengan page view 2900an dan postingan terpublish 28 post, sekitar 3 minggu belum ada balasan dari google, dari situ saya menduga bahwa pasti google mulai mikir-mikir untuk menolak permohonan ku hehehe'...

image image

Yah dan memang benar di Lab sekitar jam 10an hari jumat tanggal 2 Mei sambil nunggu jumatan saya coba cek Gmail ku yang sudah beberapa hari tidak kubuka karena paketan internet di modem lagi habis, dan Gmail di Android ku sengaja tidak kusinkron otomatis agar hemat daya dan data, sehingga tak ada notifikasi jika ada email baru masuk. Dan tara.., saya dapat balasn ini dari mbah Google “Selamat!, Permohonan Google AdSense Anda telah disetujui.  Anda akan segera melihat iklan Google yang relevan tampil di http://andihaerul.blogspot.com/. HARAP PERHATIKAN: Akun AdSense Anda hanya memungkinkan Anda untuk memonetisasi konten yang Anda buat di situs mitra host AdSense. Untuk melacak kinerja iklan Google Anda yang baru dan mengakses fiturAdSense lainnya, masuk ke akun AdSense di http://www.google.com/adsense?hl=id&sct=app-api.” Padahal google sudah mengirim email balasan sejak Tanggal 30 April. Saya langsung kaget bercampur senang dan hari itu juga saya setting pengaturan iklan di blog dan akhirnya sudah bisa menayangkan iklan heheheh.

image

2 comments:

Powered by Blogger.