Header Ads

Menyuruh Google Membuat Daftar Pustaka

image

Kali ini saya akan sharing cara membuat Daftar Pustaka dengan menggunakan bantuan Google. Yakni dengan menggunakan fasilitas yang dapat diakses dengan membuka  alamat website yang telah disediakan ==> scholar.google.com pada web browser, seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian ketik keyword, judul, atau penulis dari referensi, Jurnal, ataupun buku yang sobat akan buat daftar pustakanya. kemudian klik tombol search seperti biasa atau tekan ENTER.

 

Kali ini saya mencoba memasukkan kata kunci “karang lunak perairan indonesia”

image

Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini, yakni muncul semua baik buku, jurnal, dll yang berbau akademik yang mengandung kata kunci tersebut. Kemudian pilihlah yang paling sesuia pada contoh ini yang paling sesuai adalah urutan nomer satu pada hasil pencarian.

Lalu klik Cite yang berada di bawah referensi yang akan anda buat daftar pustakanya (sitir) atau bagi sobat yang googlenya berbahasa indonesia klik Kutip.

image

Maka akan muncul tampilan seperti ini. kemudian Copy salah satu format daftar pustaka yang kamu inginkan apakah format MLA, APA Chicago lalu Paste ke tulisan sobat.

Jika sobat menggunakan program reference manager seperti EndNote, BebTeX, RefMan, atau RefWork, bisa mengimportnya langsung dengan mengklik link yang disediakan oleh Google Scholar. Saya sendiri senangnya pakai EndNote sebagai reference manager, karena memiliki beberapa kelebihan. Kalau sobat mau tau tentang EndNote silahkan baca postingan saya sebelumnya “Daftar Pustaka Jadi Enteng dengan EndNote

image

Kalau sobat klik link Import into EndNote maka maka akan terdownload sebuah file berekstensi .RIS, yang bila dibuka (klik dua kali) langsung terbuka di EndNote, bila di komputer sobat terpasang program EndNote. Hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini.

image

Jika ada yang kurang jelas atau ingin didiskusikan monggo silahkan komentar…

No comments

Powered by Blogger.