Header Ads

Jika Suamimu Anak Sulung


Anak pertama atau biasa disebut dengan anak sulung.

Status tersebut menjadikannya sosok yang paling disayangi dalam keluarga, paling disayangi oleh ayah dan bundanya, sebab anak pertama merupakan sosok yang paling dinantikan kehadirannya di dunia dengan sejuta pengharapan dan doa. Sehingga penuh dengan limpahan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Namun dengan limpahan kasih sayang itu tak lantas membuatnya manja, bahkan berbalik seratus delapan puluh derajat menjadi sosok yang penuh kemandirian dalam berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah karena biasanya dalam usia 1 atau 2 tahun sudah memiliki adik.

Anak sulung biasanya lebih care karena terbiasa berbagi kasih sayang dengan adik-adiknya. Ini biasanya membuat adik-adiknya lebih cepat berkembang dalam menyerap informasi, karena ada bantuan dari kakaknya, sebagai sosok “orang tua ketiga”. Itulah yang menyebabkan bagaimanapun hebatnya anak sulung selalu saja memiliki adik yang lebih hebat darinya, karena semua jurus-jurus yang dikuasai akan diajarkan keadik-adiknya dengan ikhlas tanpa menyembunyikan satu jurus pun. Namun sebenarnya inilah kelebihan yang dimiliki oleh anak sulung yang tak dimiliki oleh adik-adiknya, yaitu rasa peduli, kasihsayang dan berbagi yang tinggi. Itu merupakan salah satu bentuk ekspresi dari naluri mempertahankan jenis (gharizah an-nau’) yang dianugeragkan oleh yang Maha Kuasa pada manusia. Karena naluri ini dibagun sejak kecil sehingga menjadi behaviour (kebiasaan) yang bersifat positif dan terbawa sepanjang hidupnya.

Anak sulung juga merupakan anak yang biasanya dibesarkan dalam kondisi ekonomi keluarga yang belum stabil, dengan kondisi fasilitas keluarga yang belum memadai, karena orang tuanya masih newbi dalam membangun bahtera rumah tangga, sehingga membuatnya terbiasa hidup dalam kondisi yang serba kekurangan. Membuatnya menjadi sosok yang giat dan tidak mudah mengeluh.

Anak sulung terbiasa merasa paling kakak dalam bersaudara, sehingga akan cenderung superior atau memiliki rasa ingin dihargai yang lebih tinggi. Ini adalah ekspresi Garizahtul Baqo (naluri ingin dihargai) yang alamiah pada diri setiap manusia. Hal ini membuat anak sulung menjadi sosok yang mampu melindungi segenap keluarganya.

Bulukumba, 29 Januari 2018

Credit Photo by klikdokter.com

No comments

Powered by Blogger.