Membuat Daftar Isi Otomatis pada Office Word
Kali ini saya akan menguraikan cara membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan Microsoft Office Word, bisa dengan menggunakan versi Office 2007, Office 2010, atupun Office 2013. Tutorial contoh daftar isi ini bisa kita aplikasikan dalam pembuatan daftar isi makalah, daftar isi proposal, daftar isi skripsi thesis dan disertasi, daftar isi buku, atau daftar isi karya ilmiah apapun. Karena prinsip pembuatannya hampir sama. Fasilitas ini sebenarnya sudah tersedia sejak Office 2003.
Jadi setelah sobat membaca oret-oretan ini jangan lagi membuat daftar isi secara manual yah sob.., hehehe…, Jangan lagi membuat daftar isi dengan cara membuat tabel 3 kolom yang disi dengan judul titik-titik titk-titik, lalu kolom terahir dengan halaman habis itu garis tabelnya disembunyikan, aduuh.. jadul banget deh. Masalah baru akan muncul jika halaman pada Dokumen yang sedang kita buat mengalami perubahan halaman, tentunya kita akan mengedit manual kembali daftar isinya dong… Masa harus kayak gitu ? Harusnya kita fokus pada substansi/konten tulisan kita, jangan buang waktu dengan formatting. Mari manfaatkan fasilitas yang telah dibenamkan perusahaan bikinan Bill Gates (Microsoft) pada Office.
Berikut Langkah-langkah pembuatan daftar isi otomatis pada Office Word
- Pastikan Bab, sub Bab, dan Sub Sub Bab yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi (seperti : PENDAHULUAN, TINJAUN PESTAKA, Latar Belakang, KESIMPULAN DAN SARAN, dll) telah berada dalam format heading. Bab seperti PENDAHULUAN, TINJAUN PUSTAKA, HASIL DAN PEMBAHASAN, dll harus berada dalam Heading 1. Begitu juga dengan Latar Belakang, Tujuan dan Kegunaan, dll harus dalam Heading 2, dan seterusnya.
- Cara menampilkan kotak Style yang berisi heading-heading adalah pada Home tepat di bawah Change Styles (sebelah kanan) klik tanda panah yang berada dibawahnya atau dengan menekan ALT+CTRL+SHIFT+S
- Maka akan muncul kotak style disebelah akana Office Word sobat seperti pada gambar di bawah ini
- Jika sobat mengklik Latar Belakang dan terhighlight adalah Heading 2 berarti latar belakang berada pada Heading 2, untuk mengubahnya ke Heading lain seperti Heading 1 maka cukup dengan mengklik Heading 1.
- Jika ingin memodifikasi Style Headingnya agar mengikuti format yang sobat inginkan, maka klik kanan pada pada style tersebut lalu pilih Modify.
- Jika semuanya telah berada dalam format Style Heading-heading yang kita buat, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatisnya. Pertama-tama letakkan kursor anda (klik kiri) ke lokasi yang akan ditempati Daftar Isi, kemudian pada menu Reference (lihat gambar di bawah ini) pilih Table of Contents, pilih Automatic Table 1 atau bisa juga yang lainnya atau dengan memilih Insert Table of Contents jika menginginkan format daftar isi sesuai dengan selera/keperluan. Pada ulasan kali ini saya menggunakan Automatic Table 1.
- Setelah mengklik Automatic Table 1 maka Daftar Isi Otomatis yang kita inginkan akan muncul. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini
- Namun bila anda mengklik/memilih Insert Table of Contents, maka akan memunculkan jendela seperti pada gambar di bawah ini yang memiliki banyak pilihan hilangkan centangan pada Show Page Number bila tidak ingin memunculkan halamannya, Hilangkan centangan pada Right align page number bila anda menginginkan halamannya tidak rata kanan. Sedangkan pilihan pada Tab leader berfungsi untuk memilih bentuk titik-titik [……..] pada daftar ini. Format untuk memilih format huruf dan style Daftar isi otomatis yang kita inginkan, Show levels untuk menampilkan level yang ingin ditampilkan pada Daftar Isi Otomatis apakah sampai Heading 3, atau cukup sampai Heading 2 saja. Bila anda klik Modify maka akan menampilkan lebih banyak pilihan lagi yang anda bisa utak-atik
- Bila mengklik Modify maka akan seperti gambar di bawah ini, sobat bisa memilih format penomoran melalui Numbering dan masih banyak lagi
- Bila sobat melakukan editing pada Dokumen yang telah memiliki daftar isi otomatis, atau dengan kata lain terjadi perubahan halaman maka jangan khawatir dan tidak perlu mengedit daftar isi secara manual lagi. Akan tetapi cukup klik kanan pada tubuh Daftar Isi Otomatis yang sobat buat, kemudian pilih Update Field lalu pilih Update page number only atau Update entire table. Saya menyarankan untuk menggunakan Update entire table jadi bukan hanya akan mengupdate perubahan halaman, akan tetapi juga akan mengupdate perubahan Heading
Demikianlah sedikit ulasan mengenai pembuatan daftar isi otomatis dengan menggunakan Office Word. Semoga dapat membantu sobat sekalian.
Jika ada yang sobat ingin tanyakan dari uraian di atas silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini.
Greatttttttt.... :)
ReplyDeletesangat bermanfat, terimakasih^^
ReplyDelete