Header Ads

Jurnal Terumbu Karang

Berikut beberapa jurnal terumbu karang, maksudnya jurnal yang khusus menerbitkan hasil penelitian mengenai terumbu karang. Beberapa artikel dalam jurnal ini dapat kita download secara gratis dalam bentuk pdf, meskipun tak sedikit juga diantaranya yang berbayar. Kita juga bisa mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal ini cukup dengan mengirimkan via email ke Dewan Redaksinya, tentunya dengan mengikuti format penulisan masing-masing jurnal tersebut.
Berikut beberapa jurnal tersebut, yang khusus menerbitkan penelitian tentang terumbu karang:
  1. Coral Reefs Merupakan jurnal dari  International Society for Reef Studies. Jurnal ini dapat diakses di alamat website http://link.springer.com/journal/338. Jurnal ini mempulikasikan bidang ilmu yang multidisiplin tentang studi karang, menerbitkan banyak paper yang bersifat analitis dan  teoritis mengenai terumbu karang, baik karang moderen maupun karang-karang fosil.  Analisis dan teori meliputi struktur dan dinamika karang, dengan menggunaan metode eksperimen, pemodelan, kuantitatif dan ilmu terapan. Cakupan jurnal ini meliputi beberapa bidang studi seperti dinamika populasi; ekologi komunitas organisme karang; energi dan aliran nutrisi; siklus biogeokimia; fisiologi kalsifikasi; respon karang terhadap pengaruh alam dan antropogenik ; penanda stres pada organisme karang; ekologi perilaku; sedimentologi; diagenesis; struktur terumbu karang dan morfologi; ekologi evolusi dari biota karang; palaeoceanography terumbu karang dan pulau-pulau karang; pengelolaan terumbu dan disiplin yang mendasarinya; biologi molekuler dan genetika karang; etiologi penyakit pada organisme terumbu karang terkait; respon karang terhadap perubahan global, dan banyak lagi.
  2. Galaxea Jornal of Coral Reef Studies
    galaxea Galaxea merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Japanese Coral Reef Society (JCRS). Nama Galaxea pada jurnal ini sepertinya diambil dari salah satu genus karang. Jurnal Galaxea juga dapat diakses pada alamat website https://www.jstage.jst.go.jp/browse/galaxea. Jurnal ini terbit dalam Bahasa Ingris dan Jepang
  3. JICoR (Journal of Indonesian Coral Reef)
     image
    JICoR diterbitkan oleh Indonesian Coral Reef Society (INCRES). JICoR dapat diakses pada alamat website http://www.coastal-unhas.com/incres/. Meskipun jurnal ini berbendera Indonesia, namun artikel yang diterbitkannya berbahasa Inggris.
Mungkin masih ada jurnal “spesialis” terumbu karang yang sobat ketahui…?, Jika berkenan Sobat boleh berbagi dengan menambahkannya pada kolom komentar.

No comments

Powered by Blogger.